Lifestyle

Manfaat Olahraga Bersama Pasangan Sangat Penting

6 Alasan Pentingnya Olahraga Bersama Pasangan

Memiliki pasangan yang mampu menemani dan menyemangati hari-hari kita memang menyenangkan. Ada banyak hal bermanfaat yang bisa kita lakukan bersama sang pujaan hati, salah satunya berolahraga atau pergi ke gym.

Manfaat berolahraga akan lebih maksimal jika kita melakukannya bersama orang yang kita cintai.

1. Lebih bersemangat

Mungkin Anda merasa terlalu lelah berolahraga setelah bekerja. Namun, perasaan tersebut mampu kita buang jauh-jauh saat memikirkan sang kekasih yang menunggu untuk berolahraga bersama.

Steve Stonehouse, seorang manager personal trainer di Crunch, New York, berpendapat bahwa tak ada seorang pun yang tega mengecewakan dan mengabaikan seorang teman, apalagi pasangannya.

Anda pasti lebih memilih bertemu dengan teman untuk melakukan olahraga yang telah direncanakan sebelumnya, dibandingkan menghabiskan waktu untuk diri sendiri.

2. Lebih menyenangkan

Treadmil dan angkat beban bukanlah cara yang paling mengasyikkan untuk menghabiskan waktu. Namun, membiarkan jantung berdegup kencang saat bermain basket satu lawan satu dengan orang tersayang, atau bahkan hanya sekedar berolahraga ringan bersamanya adalah cara terbaik untuk mengisi waktu.

Mungkin Anda tidak ahli dalam olahraga tertentu, seperti badminton misalnya. Namun, pasangan sangat menguasainya. Anda bisa saling mengajari olahraga yang dikuasai masing-masing.

People cardio workout in gym

3. Semakin rajinĀ 

Stonehouse mengatakan bahwa kapanpun kita berolahraga bersama orang lain, intensitasnya selalu akan lebih besar daripada saat sendiri.

Anda pasti tidak ingin dicap sebagai pengecut yang hanya mampu berolahraga selama tujuh menit, kan? Salah satu tips saat berolahraga bersama pasangan adalah paling tidak mampu menyesuaikan kemampuan atletis Anda dengannya.

Pengunjung gym yang lebih berpengalaman tidak akan merasa cepat lelah seperti mereka yang baru pertama kali masuk gym. Selain itu, seorang pemula dapat merasa frustasi jika dia hanya melakukan sepertiga dari apa yang bisa dilakukan pasangannya.

“Jika Anda berada pada level yang sama, Anda bisa saling menyemangati. Kemungkinan besar Anda ingin menyamai durasi olahraga pasangan. Tapi jika si dia mampu berolahraga lebih lama, Anda pasti berusaha untuk berolahraga lebih lama juga,” tambah Stonehouse.

4. Menyewa pelatih pribadi dengan harga murah

Berbagi burger keju dengan pasangan lebih menghemat uang dan tentunya kalori yang didapat lebih sedikit daripada membelinya sendiri. Matematika yang sama juga berlaku untuk pelatih pribadi.

Semisal dalam satu sesi latihan Anda menghabiskan biaya sekitar Rp 1.000.000 untuk seorang pelatih profesional, tapi jika anda melakukannya bersama seorang teman atau pasangan Anda cukup membayar Rp 500.000 per orang.

5. Memiliki ‘pengintai’ yang menambah kemampuan olahraga

Anda tidak perlu lagi meminta sembarang orang untuk menghitung durasi latihan Anda atau pun menghitungnya sendiri. Hal ini juga menyelamatkan Anda dari latihan yang melebihi kemampuan.

“Katakanlah Anda sedang latihan angkat beban dan ingin berhenti pada hitungan ke 10 karena Anda tidak yakin bisa mencapai angka 11. Jika Anda memiliki ‘pengintai’, tidak perlu khawatir. Anda mungkin masih mampu melalui hitungan ke 11, 12 dan 13 dengan beban yang lebih kecil. Tentunya itu akan membuat perbedaan,” tambah Stonehouse.

Gunakanlah ‘pengintai’ tersebut untuk mengawasi Anda selama berolahraga.

6. Tubuh lebih langsing

Memiliki teman yang langsing adalah kebaikan untuk diri Anda sendiri. Peneliti dari Harvard University menemukan fakta bahwa obesitas (bersama dengan kebiasaan merokok dan tingkat kebahagiaan) dapat menyebar seperti penyakit menular.

Para ahli menemukan bahwa risiko seseorang jadi obesitas meningkat sebesar 2 persen untuk setiap interaksi dengan 5 teman yang obesitas. Kabar baiknya, hal tersebut juga berlaku sebaliknya.

Riset 2016 yang dipublikasikan dalan Journal Obesity menyatakan bahwa orang yang kegemukan cenderung kehilangan berat badan lebih banyak jika mereka menghabiskan waktu bersama dengan teman yang sehat.

Semakin banyak waktu yang mereka habiskan bersama, semakin berkurang berat badan mereka.

“Jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang aktif dan makan dnegan baik, ada kemungkinan Anda akan melakukan hal yang sama,” kata Stonehouse.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *