Tips

Inilah Kerusakan Umum yang Biasa Terjadi Pada Alarm Motor dan Cara Memperbaikinya

Tindakan kriminal saat ini sepertinya semakin merajalela, seperti semakin banyaknya kasus pencurian motor ataupun kendaraan lainnya. Sebagai salah satu pemilik kendaraan pasti akan lebih meningkatkan keamanannya setelah mendengar kabar seperti itu. Salah satu caranya yaitu dengan pemasangan alarm motor yang dapat melindungi motor dari ancaman para penjahat. Walaupun sebenarnya fungsi utama alarm hanyalah sebagai pemberi tanda tetapi hal tersebut sepertinya cara paling ampuh untuk meminimalisir kemungkinan pencurian. Alarm dipasaran sendiri terdiri dari berbagai model dan cara kerja yang berbeda-beda, Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan keperluan.

Penjualan alarm sekarang ini tidak hanya dilakukan pada toko konvensional saja tetapi juga pada toko online. Secara otomatis bagi Anda yang akan melakukan pembelian semakin dipermudah dengan ketersediaan barang pada situs jual beli online. Walaupun banyak alternatif untuk membelinya tetapi tetap saja Anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli, seperti:

  • Kecocokan pada motor Anda.

Setiap jenis alarm mempunyai spesifikasi yang berbeda, jadi Anda harus melihat apakah alarm tersebut cocok dan bisa dipasang pada motor Anda.

  • Lihat fitur yang Anda cari.

Berbeda alarm berbeda pula fitur yang dimiliki, misalnya penguncian dari jarak jauh, bunyi yang berbeda ataupun lainnya untuk meningkatkan keamanan. Anda bisa menyesuaikan dengan keperluan Anda.

  • Perhatikan cara pemasangan.

Walaupun masuk dalam aksesoris motor tetapi dalam pemasangannya tidak bisa semudah seperti yang dibayangkan. Anda harus pahami terlebih dahulu, apalagi yang membeli melalui online harus tahu detail.

  • Perhatikan budget.

Harga alarm dipasaran berbeda-beda, dari yang murah sampai dengan yang mahal sesuai dengan kualitasnya. Anda bisa membeli alarm dengan harga yang sesuai dengan budget Anda, jangan paksakan membeli alarm yang mahal padahal keuangan Anda kurang.

  • Garansi.

Jangan lupa untuk memastikan garansi yang didapatkan, tidak sedikit orang yang kerepotan dengan kerusakan alarm motor yang dibeli karena tidak memastikan garansi diawal. Karena dapat dikatakan alarm merupakan barang yang riskan mengalami kerusakan.

Nah, dari beberapa pertimbangan diatas Anda akan mendapatkan alarm yang sesuai dengan apa yang diperlukan oleh motor Anda. Setelah memasangnya jangan lupa untuk melakukan perawatan, karena banyak sekali alarm yang rusak akibat kurangnya pemeliharaan. Nah, berikut ini beberapa kerusakan umum yang sering terjadi pada sebuah alarm yaitu:

  • Rusaknya komponen alarm.

Pertama adalah seringnya pengguna yang mengeluhkan akan rusaknya komponen pada alarm, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Untuk mengatasinya Anda bisa konsultasikan kepada yang lebih ahli dan cari penyebabnya.

  • Baterai habis.

Sumber listrik yang didapatkan oleh remote adalah dari baterai, jadi jika Anda tidak rutin melakukan penggantian pasti akan mengalami kendala.

  • Gangguan frekuensi.

Terkadang adanya gangguan pada frekuensi juga dapat mengakibatkan sebuah alarm tidak dapat berfungsi kembali, jadi Anda bisa memindahkan motor pada frekuensi yang berbeda.

  • Bunyi terus menerus.

Terkadang alarm pada motor Anda juga bisa saja mengalami masalah bunyi terus menerus, hal ini disebabkan oleh modul alarm abnormal.

Itulah beberapa cara pemilihan alarm yang tepat serta masalah yang kemungkinan terjadi ketika Anda menggunakan alarm tersebut. Jika memang Anda kurang ahli dalam pemasangan ataupun kerusakan alarm lebih baik serahkan pada yang ahli. Itu lebih baik dari pada alarm motor Anda semakin rusak karena tidak ditangani dengan baik dan benar. Itulah sedikit informasi mengenai sebuah alarm pada kendaraan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *